Jadikan Diri Sendiri Sebagai Musuh Terbesar Untuk Menjadi Diri Sendiri Yang Bijaksana | Diary Anak Kampung
Powered by Blogger.

Jadikan Diri Sendiri Sebagai Musuh Terbesar Untuk Menjadi Diri Sendiri Yang Bijaksana

Jadikan Diri Sendiri Sebagai Musuh Terbesar Untuk Menjadi Diri Sendiri Yang Bijaksana - Hidup adalah sebuah perjalan ringkas yang mudah dilalui dan sulit untuk ditaklukan. Bagaimana seseorang akan hidup dengan baik dan berguna selagi dirinya sendiri tidak bisa mengendalikan karakter pribadi dengan bijaksana. Disisi lain seseorang memiliki karakter yang berbeda-beda, entah itu karena pengaruh dari luar ataupun dari dirinya sendiri, namun pada dasarnya hidup memerlukan berbagai perjuangan untuk meraih sifat pribadi yang berakhlak positif.
"Suatu ketika, ada seorang budak kecil yang kehidupan sehari-harinya adalah menjalankan perintah dari atasannya, hampir semua aktifitas yang Ia kerjakan adalah bukan untuk dirinya sendiri, melainkan untuk orang lain. Walaupun atasannya selalu memaksa dirinya untuk mengerjakan suatu pekerjaan, namun budak tersebut tak pernah membantah dan tak pernah merasa terpaksa melaksanakannya, karena menurutnya hal itu adalah misi yang telah ditentukan takdir dalam hidupnya. Hingga hampir semua perintah berhasil Ia kerjakan dengan baik ditangannya sendiri.
Diary Anak Kampung. @Jevisa Poto 2016
Diary Anak Kampung. @Jevisa Poto 2016
Namun ada satu hal yang menjadi masalah dan selalu menyelimuti pikiran dan hati budak tersebut, hal tersebut menyangkut tentang hawa nafsunya yang mudah terpengaruh dengan kehidupan orang lain disekitar, seperti keinginan budak tersebut yang hendak memiliki barang-barang yang dimiliki oleh orang lain yang dilihat disekitarnya, namun alangkah dewasanya perilaku budak tersebut, semua yang Ia inginkan selalu ditahan dengan paksa karena dirinya berpikir bahwa itu hanya keinginan hawa nafsunya sendiri. Menurutnya, pekerjaan yang sudah bertahun-tahun dilakukannya jauh lebih ringan dibandingkan dengan sikap menahan semua keinginan hawa nafsunya."

Penggambaran ilustrasi tersebut mencerminkan bagaimana perilaku seseorang terhadap dirinya sendiri. Sebanyak apapun rintangan yang menanti dan seberat apapun hal yang harus dilewati memang menjadi suatu hal yang benar-benar ada dan wajib ditaklukan apapun kondisinya. Kegagalan bukanlah ketika seseorang terjatuh karena pengaruh sekitar, namun karena seseorang tersebut tidak mampu mengendalikan dirinya sendiri dengan optimal. Sangatlah baik apabila seseorang mampu menguasai diri sendiri dan selalu mencoba menjatuhkan hawa nafsunya dengan baik, kelak hal itu akan membawanya ke arah yang diinginkan.
Namun terkadang banyak orang yang kesulitan mengatur diri dan memperlakukan diri sendiri dengan baik, pasalnya hawa nafsu merupakan hal yang terus menerus menghampiri selama seseorang dalam keadaan bangun atau sadar. Untuk itu perlu sebuah perlakuan yang ketat dan bijaksana terhadap diri sendiri agar bisa membuahkan karakter pribadi yang positif, walaupun terkadang itu akan menyakiti diri sendiri. 


Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menjadikan diri sendiri sebagai musuh terbesar, sehingga seseorang bisa dengan mudah jika berusaha untuk menguasai dan mengendalikan diri dengan baik, dengan demikian kelak seseorang bisa berperilaku dengan bijak dan optimal. Semoga dengan paparan diatas dapat membantu dan menginavirasi buat para pembaca.

BACA JUGA :

Jevisa Guntur Gunawan

Hallo Dunia, Terimakasih sudah mengunjungi Blog saya, saya ingin menulis sesuatu yang katanya sedikit penting, walaupun sebenarnya tidak begitu penting untuk ditulis dalam blog ini, namun karena banyak cerita yang ada, saya ingin menulisnya sebagai bagian dari kehidupan yang nantinya tidak akan terlupakan. MY QUOTES >> BECAUSE SOMEDAY, I WILL DISAPPEAR LIKE A SHADOW IN THE DARK NIGHT.

0 Response to "Jadikan Diri Sendiri Sebagai Musuh Terbesar Untuk Menjadi Diri Sendiri Yang Bijaksana "

Post a Comment

KOMENTAR ANDA ADALAH TANGGAPAN PRIBADI, KAMI BERHAK MENGHAPUS KOMENTAR YANG BERSIPAT KATA KATA PELECEHAN, INTIMIDASI, DAN SARA. TERIMAKASIH

Followers